Selasa, 27 Juli 2010

Tips Mudik Aman dan Nyaman Ala Ferdy Jaya

Sebentar lagi liburan Idul Fitri dan musim mudikpun takkan ketinggalan pastinya. Untuk mudik sendiri, banyak ragam pilihan sarana transportasi bagi pemudik yang disesuaikan dengan minat, niat dan kocek masing2. Dibawah ini sedikit tips “ Mudik Aman & Nyaman” untuk beberapa moda transportasi yang tersedia (kecuali Kapal Laut).

Mudik dengan Motor atau Mobil Pribadi :

1. Sebelum mudik, jangan lupa untuk menservice motor/mobil di bengkel yang terpercaya, jangan di tukang service payung keliling.
2. Periksa ban. Siapa tahu yang terpasang ban dalem doank, tanpa ban luar.
3. Periksa segala peralatan emergency kendaraan anda; dongkrak, palu, obeng, gergaji, alat las, cat air brush dsb. Jadi pas ada waktu senggang di kampung, bisa modif sendiri kendaraan pribadi anda.
4. Isi bensin or solar di SPBU, bukan di posyandu.
5. Siapkan Peta, kompas, GPS, kamus pintar Lalin, kalau perlu bawa GLOBE juga boleh. Awas salah arah ! ntar tujuannya Jawa Timur, ini malah ke Lampung.
6. Sadarlah dengan tempat tujuan mudik anda, kampung halaman. Ingat ! kampung halaman, bukan ke kampung melayu.


Mudik dengan Mobil Rental

1. Pastikan untuk menyewa di tempat khusus rental mobil, jangan di tempat rental vcd.
2. Pastikan yg anda sewa itu mobil dengan kondisi fit, jangan salah menyewa andong or delman. Ribet ngasih makan kudanya ntar.
3. Periksa dulu mobil yang akan anda sewa. Coba buka kap mesin, pastikan bukan mesin photocopy yang terpasang didalamnya.
4. Periksa STNK mobil yang akan anda sewa, siapa tahu sudah kadaluwarsa 5 tahun yang lalu. Periksa keasliannya dengan 3D, diliat, ditrawang dan diraba.
5. Inget ! ini mobil rental, so jangan di gadaikan pas di kampung halaman.
6. Jangan lupa buat mengembalikan mobil tepat waktu dan utuh. Jangan pake system angsuran or nyicil. Sekarang spion dulu,bulan depan bamper nyusul, viper, knalpot dst. Mentang2 sekarang zaman kreditan.

Mudik dengan Jasa Pesawat Terbang :

1. Booking tiket pesawat PP jauh2 hari. Ingat! Harus tiket pesawat yang anda booking, bukan tiket 21.
2. Bawa bagasi seperlunya. Jangan menyimpan anak gajah di koper anda.
3. Duduklah pada tempat yang disediakan untuk penumpang. Jangan duduk di kursi pilot. Ntar pilotnya duduk dimana, masak pake tiker ?!
4. Pastikan pesawat yang anda tumpangin mempunyai sayap di sisi kiri-kanannya. Kalau ternyata tidak ada sayapnya, mungkin anda sedang duduk diatas pesawat televisi tetangga sebelah rumah, bukan pesawat terbang.
5. Saat anda akan turun, pastikan pesawat telah landing secara sempurna. Anda tidak ingin terjun bebas bukan ?
6. Bila anda merasa cowo tulen, jangan lupa meminta nomer HP pramugari yang manis-manis (kalo ada) sesaat sebelum turun.

Mudik dengan Bus atau Kereta Api :

1. Belilah tiket secara resmi. Jangan membeli melalui jasa calo TKI, bisa-bisa anda bukan pulang ke kampung, tapi malah ke Dubai. Makan ketupat bareng unta.
2. Sebelum berangkat, pastikan bus/kereta api yang anda naiki sesuai dengan tujuan anda. Awas salah menaiki bus surat atau kereta baby, lama pasti nyampainya.
3. Hindari copet dengan solusi tepat. Jangan menyimpan uang cash di dalam dompet, tapi bawalah brankas besi 150kg untuk menyimpan uang anda. Insya Allah dijamin aman dari tangan2 jahil
4. Hindari pembiusan di dalam bus/kereta api dengan modus menawarkan minuman kepada anda. Caranya, bawa lemari es empat pintu anda. Saat ada yg menawarkan minuman kepada anda, tawarilah balik. Buka lemari es anda dan persilahkan orang itu untuk memilih minuman yang dia suka. Keder pastinya.
5. Bila anda mengaku sebagai wanita yang sopan, pastikan anda duduk di bangku kosong. Ingat ! bangku kosong, bukan menduduki abang ku Otong. Keenakan ntar

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

1. Sebelum pergi pastikan semua pintu rumah terkunci.

2. Matikan semua lampu yang tidak terpakai (termasuk air Pam).

3. Cabut selang gas selama meninggalkan rumah.

4. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik.

5. Pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah kita.

6. Berkoordinasi dengan RT/RT dan petugas keamanan di wilayah kita.

7. Beri uang tips petugas keamanan agar ("lebih") mengawasi rumah kita.

8. Beri nomor telepon yang bisa dihubungi kepada tetangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar